Minggu, 18 November 2012

PROPOSAL JUJUR



ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMA NEGERI 1 PRAYA
JL. KI HAJAR DEWANTARA NO.1 PRAYA LOMBOK TENGAH
 

PROPOSAL
GERAKAN “JUJUR ITU HEBAT !”

I.          Latar Belakang

Ada doktrin yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yang menyatakan “Jauhilah ketidakjujuran, karena ketidakjujuran itu membawa kepada dosa dan dosa akan menghantarkan ke neraka”.
Memang benar bahwa ketidakjujuran menjadi biang dari berbagai masalah di Republik ini. Berbagai penyakit sosial, seperti tindak pidana korupsi berawal dari mental tidak jujur yang menghinggapi para aparat penyelenggara pemerintahan. Bahkan ditingkat persekolahan praktek mencontek, juga merupakan refleksi kongkret dari sudah mulainya tumbuhnya benih-benih ketidakjujuran dikalangan siswa. Nilai-nilai negatif ini tentu harus diikhtiarkan untuk dihambat pertumbuhannya sejak dini.
Diantara upaya untuk menghambat berkembangnya virus ketidakjujuran tersebut adalah dengan tidak henti-henti mengkampanyekan penerapan nilai-nilai kejujuran. Nilai kejujuran adalah sebuah nilai yang bersifat universal, sebagaimana ungkapan aforis “bahwa kejujuran merupakan mata uang yang berlaku dimana-mana”. Sehubungan dengan dasar pemikiran tersebut, kiranya kami dari Pengurus OSIS SMAN 1 Praya, sudah pada tempatnya menjadi pionir untuk ikut berkontribusi dalam membudayakan nilai kejujuran tersebut, khususnya dikalangan rekan-rekan pelajar.
Diantara langkah-langkah sederhana yang kami proyeksikan berdampak besar serta efisien yang bisa dilakukan dalam rangka Membudayakan Kejujuran tersebut, yaitu memulai mempraktekkannya dalam hal-hal kecil, seperti kejujuran dalam bertransaksi jual beli. Suatu transaksi jual beli yang dilakukan tidak jujur – lalu kita memakan hasilnya – niscaya akan terkena dengan statemen Rasulullah kullu lahmin nabata haromin annaru ahakku ilaihi,  setiap daging (manusia) yang tumbuh dari barang haram maka neraka lebih berhak untuk membakar daging tersebut.
Oleh karena hampir semua siswa SMAN 1 Praya membelanjakan uang sangunya di sekolah untuk membeli makanan dan keperluan lainnya di Koperasi kantin sekolah setiap hari, maka kami mempunyai gagasan untuk membentuk Kantin Kejujuran, disamping gerakan anti korupsi dikalangan pelajar, pembuatan pin kujujuran dan sebagainya  -  dengan mengusung semangat Jujur Itu Hebat dan menerapkan sistem pengelolaan sederhana “dari siswa oleh siswa untuk siswa”, dengan mengedepankan kesadaran religius bahwa apapun yang kita lakukan Tuhan Maha Mengetahui.

II.                Nama Kegiatan
“Gerakan Jujur Itu Hebat” .

III.             Landasan Kegiatan
1.      Q.S. Ali Imran : 103
2.      Q.S. Fathir : 03
3.      Q.S. Al-Baqarah : 261
4.      Program Kerja OSIS SMAN 1 Praya
5.      Program Kerja SMAN 1 Praya
6.      Pasal – pasal yang terkait dengan Pemberantasan Korupsi





IV.             Tujuan Kegiatan
1.      Menginternalisasi  nilai-nilai kejujuran pada para siswa sebagai genarasi penerus harapan bangsa.
2.      Ikut berkontribusi dalam Membudayakan Kejujuran dan Pemberantasan Korupsi
3.      Memotivasi siswa dan pemuda sebagai agen Pemberantasan Korupsi serta Agen Kejujuran.
4.      Mencegah Generasi Muda untuk melakukan tindak –tindak pelanggaran, dimulai dari tindakan dan prilaku kecil dan sederhana.

V.                Waktu dan Tempat
a.      Waktu
Kegiatan ini merupakan kegiatan yang tidak memiliki tenggang waktu tertentu dan diharapkan akan berlangsung terus melalui kontinyuitas waktu, karena internalisasi nilai kejujuran tidak dibatasi oleh waktu, tapi harus berlangsung terus menerus.
b.      Tempat
Kegiatan ini akan dilaksanakan di lingkungan SMAN 1 Praya.

VI.             Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan “Gerakan Jujur Itu Hebat !” adalah dengan pembuatan pin “Malu Nyontek”, bingkai mading “Lensa Satya”, sosialisasi “Pemuda Anti Korupsi” kepada siswa  SMAN 1 Praya, dan pembuatan Kantin Kejujuran “Al-IKHLAS” sebagai bentuk ikhtiar konkret dalam menginternalisasi dan membudayakan Kejujuran dan Pemberantasan Korupsi terutama di lingkungan SMAN 1 Praya.
VII.          Penyelenggara
Pengurus OSIS SMAN 1 Praya


VIII.       Estimasi Dana

No.
Jenis Perlengkapan/Kegiatan
Paket
Jumlah Dana
1
Pembuatan dan Pin :
-          750 pin

750 buah x 4000
Rp 3.000.000

2.
Bingkai/etalase Mading
Rp 400.000

Rp 400.000
3.
Etalase Kantin
1 x Rp. 1000.000
Rp. 1.000.000
4.
Modal awal Kantin Kejujuran
Rp. 500.000
Rp. 500.000
5.
Sosialiasi bertema
Rp. 300.000
Rp. 300.000
Total
Rp 5.200.000

            Sumber dana :
a.      Dana  OSIS
b.      KOPRASI Wiyata Mandala
c.       ( Dana Komite)
d.     Sponsor
IX.         Penutup
Demikian proposal ini kami buat. Besar harapan kami semoga semua pihak dapat membantu baik secara moral maupun materil demi terwujudnya harapan kami ini.  Dan semoga Allah SWT memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita guna tercapainya harapan  ini.  (Amin).








Praya, 09 Juni 2012



Ketua



Umar Mubdi
Panitia
“Jujur itu Hebat !”



Pembina OSIS


Andi Iskandar  S.Pd.
NIP. 19701231 200003 1 043









Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Praya



Drs. H. M. Amir Muzain, S.Pd, M.Pd
NIP. 19521231 197403 1 097








PROPOSAL
GERAKAN “JUJUR ITU HEBAT !”


DALAM RANGKA KONTRIBUSI SISWA SEBAGAI AGEN PEMBAHARUAN

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMAN 1 PRAYA
L O M B O K   T E N G A H
2011/2012

0 komentar:

Posting Komentar